Alasan Filsafat Lahir di Yunani Kuno

Dimasyarakat Yunani Kuno ada keyakinan sekaligus penjelasan tentang asal mula munculnya alam semesta. Sebelum terwujudnya alam semesta ini, menurut keyakinan masyarakat Yunani Kuno ini, pada mulanya adalah Chaos, yaitu kegelapan dan kelalutan tanpa bentuk dan tanpa batas.dongeng atau takhayul ini diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga suatu saat muncul di negeri Yunani orang-orang yang tidak puas dengan apa yang ada. Penjelasan-penjelasan mitos ini tidak lagi mencari penjelasannya memlalui daya akal. Di atas ketakjubannya kepada alam semesta ini muncul rasa ingin tahu, sehingga bertanyalah dalam pikirannya sendiri dengan pertanyaan dari mana alam semesta ini, orang-orang Yunani sudah mulai berfilsafat, jawaban-jawaban yang sudah ada disangsikannya, maka dijawablah setiap pertanyaan itu dengan rasio. Maka tampilah Thales, dianggap sebagai filsuf yunani pertama, menjawab pertanyaan apa bahan alam ini, menurutnya bahan utama jalam ini adalah air
Sekalipun jawaban ini belum sempurna, tapi telah memberikan jalan filosof-filosof setelahnya. Lahirnya filsafat di Yunani ini bukan dengan secara mendadak akan tetapi dengan berangsur-angsur yaitu dari mitos yang berujung dengan logos dan rasio. Kemenangan rasio dari mitos ini dikarenakan ke-berfilsafatan orang-orang di Yunani. 
Menurut Moh Hatta dan K. Bertens, munculnya filsafat di Yunani ini sangat ajaib dan menakjubkan, karena tidak mudah memberikan alasan-alasan tentang terbentuknya alam semesta ini dengan rasionalisasi yang sangat rasional. Menurut K. Bertens. Ada bberapa faktor yang yang sudah mendahului dan seakan-akan menyiapkan lahirnya filsafat di Yunani ini. Yaitu: pertama, di yunani seperti yang terdapat di bangsa-bangsa yang lain, tapi di yunani terdapat satu metologi yang kaya serta luas, di metologi inilah yang pertama kali ada yang menghasilkan filsafat, mite-mite percobaan untuk di mengerti. Dan mite-mite inilah yang menghasilkan jawaban-jawaban tentang semua alam semesta, kejadian-kejadiannya dan lain-lain.. Mite yang mencari keterangan asal-usul alam semesta yaitu disebut Mite Kosmogonis, dan mite yang mencari keterangan tentang  alam semesta disebut Mite Kosmologis. Kedua, bangsa yunani memiliki kesusastraan yang sangat tingggi, asal menggunakan kata ini dalam arti yang luas. Ada beberapa karya puisi yaitu Ilias dan Odyssea hasil karya dari Homeros (850 M) yang memiliki kedudukan istimewa dalam kesusastraan tersebut.
First
0 Komentar